Minggu, 13 Juni 2010

Penulis mengeksplorasi misteri Partai Komunis Cina


Sumber : Yahoo! News via Yahoo! Alerts email Berlangganan diposting ulang oleh opungregar untuk Klub Haus Buku-Club Discussin, Tanggal 13 Juni 2010
By CARL HARTMAN, For The Associated Press Carl Hartman, For The Associated Press – Mon Jun 7, 7:43 am ET

"Partai: Dunia Rahasia Penguasa Cina Komunis" (Harper, 302 halaman, $ 27,99), oleh Richard McGregor: Ini bukan pesta dalam arti Amerika Partai Republik atau Inggris Laborites - sekelompok orang berbagi ide terkenal tentang pemerintah bahwa konflik secara damai dengan ide-ide kelompok lainnya.

Semacam itu pihak dapat menghabiskan tahun di padang gurun politik sampai memenangkan persetujuan dari pemilih untuk menempatkan ide-ide ke dalam praktek.

Partai Komunis Cina tidak mentolerir konflik damai tersebut. Ini memaksa ide-ide, yang dapat dikembangkan diam-diam oleh seorang sekretaris umum dan berdiri komite sembilan orang politik, melalui polisinya, militer dan lebih dari 73 juta anggota partai.

Bahwa keanggotaan mengabadikan diri mencakup sekitar satu dalam 12 populasi dewasa di negara itu, yang terbesar di dunia. setup telah berlangsung lebih dari 60 tahun, sejak pasukan yang melaju saingan hanya yang serius, pemerintah Kuomintang, di seberang selat ke Taiwan.

Nah sebelum itu, pemimpin partai lama Mao Zedong, seorang murid dari Marx dan Lenin, menyatakan jalan "kapitalis" dilarang ke Cina.

Deng Xiaoping, pemimpin bawahan, sering tidak setuju dengan dia dan menderita akibat: degradasi untuk pekerjaan seorang pekerja pabrik biasa itu.

Kemudian direhabilitasi, ia bekerja dengan hati-hati untuk mengatur negara di jalan itu tanpa mengurangi kekuatan partai. Setelah kematian Mao, ia bangkit untuk menjadi penerusnya sebagai ketua partai.

Richard McGregor menghabiskan hampir dua dekade pelaporan di Asia Utara, termasuk bertugas sebagai kepala biro Beijing untuk London Financial Times. "Partai: Dunia Rahasia Penguasa Cina Komunis" adalah rekening, hati-hati informasi yang sangat baik dan menghibur kelas berkuasa di Cina, mencatat kenaikan dari 30 negara-tahun untuk kekuatan ekonomi besar meskipun tingkat kemiskinan.

Banyak orang Amerika sekarang melihat abad ke-21 menjadi abad China - abad ke-20 adalah Amerika.

"Setelah datang ke kekuasaan tahun 1949," tulisnya, "Partai menutup perusahaan-perusahaan swasta dan menyita aset mereka ... Sampai akhir (keputusan Juli 2001 Jiang Zemin) pengganti Deng untuk memungkinkan pengusaha untuk bergabung pesta. Mengaduk split publik yang jarang terjadi antara kepemimpinan. ... Deng dan Jiang setelah dia, memahami apa yang banyak lawan mereka tidak pernah konservatif - bahwa partai itu memiliki banyak kesamaan dengan pengusaha swasta, yang tidak suka politik demokratis dan serikat independen sebanyak yang mereka lakukan ...

"Beruntung bagi China, Deng sejak awal belajar pelajaran yang hampir setiap negara sosialis lainnya gagal lupa memperhatikan: bahwa hanya ekonomi swasta riuh bisa menjaga pemerintahan komunis mengapung."

Dia tidak berarti bahwa pihak Cina yang baru saja meniru Barat.

"Untuk masa mendatang," menyimpulkan McGregor epilog, ditulis Agustus lalu, "tampak seakan keinginan mereka, untuk duduk mengangkang dunia sebagai raksasa cara mereka sendiri kepala batu, akan menjadi kenyataan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar